Cara Membuat Row belang - belang Tanpa Koding

Beberapa orang teman di kampus sempat bertanya tentang tampilan visual dari perangkat lunak yang saya buat. Mereka tertarik pada DataGridView yang saya buat karena terkesan seperti memakai tools Third Party padahal saya hanya melakukan custom grid dengan mengatur property bawaan DataGridView.
DataGridView memiliki fungsi untuk menampilkan data di dalam grid custom. Adapun hirarki dari object ini adalah seperti gambar
image
Object ini merupakan turunan dari System.Windows.Forms.Control dengan Assembly berada di System.Windows.Forms.dll. Objek ini juga memiliki banyak properties dan methods yang bisa dipakai. Ini adalah sebagian kecil dari properties yang ada pada objek DataGridView,untuk lebih lengkapnya silahkan buka MSDN atau lihat disini.

image
Nah pertanyaannya dari sekian banyak properties yang dimiliki oleh DataGridView, yang mana yang sering saya pakai untuk mengkostumisasi tampilan objek ini. Sebelum melangkah ini adalah hasil custom yang jadi ditanyakan.
Grid#1
Jadi property yang akan kita pakai untuk mengubah bentuk tampilan grid menjadi seperti diatas adalah AlternatingRowsDefaultCellStyle.
image
Untuk memperoleh property dari DataGridView, pilih terlebih dahulu objek DataGridView yang akan di custom. Kemudian cari AlternatingRowsDefaultCellStyle dan clik tanda ellipsis yang muncul sampai muncul form CellStyle Builder berikut.
image
Disana terdapat beberapa properties untuk appearance seperti :
    • BackColor : Untuk set back color pada grid ber array ganjil (ingat array dimulai dari 0) atau grid row genap.
    • Font : untuk set bentuk tulisan pada alternating cell.
    • ForeColor : Ini adalah property yang mengatur warna tulisan cell.
    • SelectionBackColor : Property ini mengatur warna BackColor dari cell yang terseleksi.
    • SelectionForeColor :Property ini mengatur warna tulisan dari cell yang terseleksi
Sesuaikan pengaturan dengan selera anda dan desain perangkat lunak yang dibuat, kemudian tekan OK. Untuk hasil yang lebih baik setting property SelectionMode menjadi FullRowSelect untuk membuat row terseleksi semua saat diclick.
Bagi yang suka membuatnya dalam bentuk code, bisa memanggil property dari DataGridView seperti berikut
  dataGridView1.AlternatingRowsDefaultCellStyle.BackColor = Color.DarkGray
Bersambung. . .
        NB : Efek ini hanya akan kelihatan saat data yang di binding ke DataGridView berjumlah minimal dua record
  alternatif membuat dgview zebra : Sini
Sumber Full : Dari sini

Comments

Popular Posts