[ UML ] Unified Modeling Language

UML (Unified Modeling Language)
adalah sebuah bahasa untuk menetukan,
visualisasi, kontruksi, dan
mendokumentasikan artifact (bagian dari
informasi yang digunakan atau dihasilkan
dalam suatu proses pembuatan
perangkat lunak. Artifact dapat berupa
model, deskripsi atau perangkat lunak)
dari system perangkat lunak, seperti pada
pemodelan bisnis dan system non
perangkat lunak lainnya.

UML merupakan suatu kumpulan teknik
terbaik yang telah terbukti sukses dalam
memodelkan system yang besar dan
kompleks. UML tidak hanya digunakan
dalam proses pemodelan perangkat
lunak, namun hampir dalam semua
bidang yang membutuhkan pemodelan.

Jenis - jenis diagram yang digunakan dalam pemodelan antara lain :

1. Use Case Diagram
Use case adalah abstraksi dari interaksi
antara system dan actor. Use case
bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe
interaksi antara user sebuah system
dengan sistemnya sendiri melalui sebuah
cerita bagaimana sebuah system
dipakai. Use casemerupakan konstruksi
untuk mendeskripsikan bagaimana
system akan terlihat di mata user.
Sedangkan use case diagram
memfasilitasi komunikasi diantara analis
dan pengguna serta antara analis dan
client.

2. Class Diagram
Class adalah dekripsi kelompok obyek-
obyek dengan property, perilaku (operasi)
dan relasi yang sama. Sehingga dengan
adanya class diagram dapat memberikan
pandangan global atas sebuah system.
Hal tersebut tercermin dari class- class
yang ada dan relasinya satu dengan yang
lainnya. Sebuah sistem biasanya
mempunyai beberapa class
diagram. Class diagram sangat
membantu dalam visualisasi struktur
kelas dari suatu system.

3. Sequence Diagram
Sequence Diagram digunakan untuk
menggambarkan perilaku pada sebuah
scenario. Kegunaannya untuk
menunjukkan rangkaian pesan yang
dikirim antara object juga interaksi
antaraobject, sesuatu yang terjadi pada
titik tertentu dalam eksekusi sistem.

4. Activity Diagram
Menggambarkan rangkaian aliran dari
aktivitas, digunakan untuk
mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk
dalam suatu operasi sehingga dapat juga
digunakan untuk aktifitas lainnya
seperti use caseatau interaksi.

Tujuan Penggunaan UML

1. Memberikan bahasa pemodelan yang
bebas dari berbagai bahas pemrograman
dan proses rekayasa.
2. Menyatukan praktek-praktek terbaik yang
terdapat dalam pemodelan.
3. Memberikan model yang siap pakai,
bahsa pemodelan visual yang ekspresif
untuk mengembangkan dan saling
menukar model dengan mudah dan
dimengerti secara umum.
4. UML bisa juga berfungsi sebagai sebuah
(blue print) cetak biru karena sangat
lengkap dan detail. Dengan cetak biru ini
maka akan bias diketahui informasi
secara detail tentang coding program
atau bahkan membaca program dan
menginterpretasikan kembali ke dalam
bentuk diagram (reserve enginering).

untuk software membuat UML saya biasa menggunakan astah yg bisa d donload d situs resminya (astahcomunity.com)

sumber : http://fadhlyashary.blogspot.com/2012/06/pengertian-uml-unified-modeling.html?m=1

Comments

Popular Posts